Perabotan rumah ini dapat mengisi daya ponsel melalui wireless

Perabotan rumah ini dapat mengisi daya ponsel melalui wireless

Techno.id - Perabotan rumah tangga memiliki kegunaannya masing-masing. Tidak jarang perabotan rumah tangga dilengkapi dengan fungsi lain seperti kasur yang dapat mendeteksi detak jantung. Kali ini terdapat pula kecanggihan dari perabotan rumah, namun memiliki fungsi lain yang berguna untuk smartphone Anda. Bagaimana bisa sebuah perabotan dapat membantu kinerja smartphone?

Ya, Ikea merupakan sebuah brand gabungan perusahaan furniture di Swedia dan produsen power konsorsium wireless. Keduanya ingin membuat sebuah furniture dengan teknologi pengisian daya secara wireless. Maka terciptalah produk Ikea dengan peralatan Qi wireless yang berguna untuk pengisi daya dalam bentuk meja, lampu, dan tatakan. Ikea juga menawarkan sebuah perangkat kecil yang dapat Anda gunakan di semua permukaan untuk mengisi daya baterai ponsel, seperti yang dilaporkan oleh TheVerge.

Ini akan menjadi tren baru di bidang furniture dengan teknologi yang canggih. Bayangkan jika beberapa perabotan Anda memakai peralatan dari Ikea, Anda tidak membutuhkan colokan listrik yang banyak karena smartphone Anda cukup diletakkan di atas meja dan otomatis baterai ponsel Anda akan terisi. Pengisian daya dengan bentuk perabotan rumah akan terlihat indah dan rapi karena rumah Anda tidak lagi dipenuhi dengan kabel-kabel yang berserakan.

Sayangnya, perabotan dari Ikea ini hanya mendukung smartphone tertentu (memiliki fitur pengisian daya wireless). Selain itu, sebagian besar ponsel juga tidak kompatibel dengan standar pengisian daya melalui wireless. Ikea sendiri menggunakan standar (WPC) Wireless Power Consortium. Standar tersebut hanya mendukung beberapa smartphone seperti LG G3 dan Nexus 6. Sedangkan pesaing standar yang lain seperti (PMA) Power Matters Alliance telah dimasukkan di Starbucks, AT&T, dan McDonalds. Penggunaan standar yang berbeda inilah yang menjadi penghambat Ikea untuk meluncurkan produknya ke pasaran.

(brl/red)