CONNECT WITH US
Erick |
 23 Februari 2016 12:00

Tak cuma ponsel, Tesla juga punya fitur wireless charging

Untuk mengisi baterainya hingga penuh, pengguna hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam saja.

Tak cuma ponsel, Tesla juga punya fitur wireless charging

Techno.id - Pengadaptasian teknologi modern pada ranah otomotif memang bukan lagi barang baru. Tak hanya ponsel, mobil elektrik di masa yang akan datang pun bisa menikmati fitur wireless charging. Contohnya adalah yang sedang dikembangkan oleh Tesla berikut ini.

Sebenanrnya teknologi ini telah lama dikembangkan oleh Tesla, bahkan sebelum kabel charger tangan robot yang sedikit mengerikan itu diperkenalkan pada publik. Seperti yang telah diberitakan oleh AutoBlog pada hari Senin (22/02/16) lalu, fitur wireless charging tersebut bakal disematkan pada Tesla EV.

Ilustrasi wireless charging
© 2016 ecomento.com/ecomento.com

Mobil elektrik berpenggerak belakang tersebut didesain kompatibel dengan sistem wireless charging. Rencananya, mobil tersebut bakal mulai diluncurkan pada bulan April nanti, hanya saja tanggal pastinya belum keluar.

Uniknya, teknologi wireless charging ini juga bisa diterapkan untuk mobil-mobil lain seperti Chevy Volt, Nissan Leaf, dan Cadillac ELR. Harga yang ditawarkan untuk kendaraan lain pun beragam, karena tentu saja, piranti pendukung yang dibutuhkannya tentu berbeda.

Sedangkan untuk piranti pengisi dayanya sendiri, piranti ini akan menghasilkan listrik sebesar 7,2kW. Charger tersebut bisa diletakkan di dalam garaasi maupun tempat terbuka. Untuk sekali pengisian daya secara wireless, Tesla membutuhkan waktu setidaknya satu jam. Saat terisi penuh, kendaraan tersebut bisa dijalankan sejauh 32km.

 

WHAT TO READ NEXT ?