Stetoskop pintar yang dapat terhubung dengan iPhone dan iPad

Stetoskop pintar yang dapat terhubung dengan iPhone dan iPad

Techno.id - Dunia kedokteran mulai menarik perhatian kalangan pencinta gadget. Bagaimana tidak, stetoskop yang tadinya hanya untuk mengetahui suara detak jantung atau kondisi pasien, kini dapat terhubung dengan perangkat gadget melalui sambungan wireless.

Stetoskop yang pintar itu dinamakan Eko Core. Perangkat kedokteran ini merupakan hasil karya startup teknologi EkoDevices yang telah menarik perhatian dunia kesehatan di Amerika Serikat. Bahkan, teknologi tersebut telah disetujui untuk digunakan oleh (FDA) Food and Drug Administration, seperti yang dikutip dari DigitalTrends (23/10/15).

Sebenarnya, Eko Core hanyalah sebuah adaptor digital yang dapat dipasangkan pada stetoskop standar. Namun, adaptor tersebut dapat merekam detak jantung pasien secara real-time dan mengirimkannya ke Cloud melalui aplikasi Eko yang terdapat pada perangkat iPhone dan iPad. Menariknya, karena terhubung ke penyimpanan awan, data pasien tadi bisa diakses oleh dokter lain untuk dianalisis bersama. Tentunya, hanya dokter-dokter tertentu yang bisa mengaksesnya.

Seperti perangkat yang lain, stetoskop Eko Core juga membutuhkan asupan daya. Stetoskop ini hanya dapat bertahan selama 9 jam untuk satu kali pengisian daya. Terlebih, adapter Eko Core juga tidak bisa dipasangkan pada sembarangan stetoskop. Hanya stetoskop model satu tabung yang bisa menggunakannya. Untuk stetoskop dua tabung dan stetoskop elektronik belum bisa menikmatinya.

Saat ini, aplikasi Eko hanya tersedia untuk perangkat iOS saja. Namun, ke depannya aplikasi ini juga akan mendukung perangkat Android. Jika berminat, para dokter dapat menggunakan teknologi Eko Core dengan merogoh kocek sebesar Rp 2,7 juta.

(brl/red)