Ternyata pisang bisa jadi obat mujarab lawan virus HIV

Ternyata pisang bisa jadi obat mujarab lawan virus HIV

Techno.id - Tahukah Anda, buah pisang ternyata bisa menjadi obat mujarab untuk melawan virus HIV yang notabene menyebabkan penyakit berbahaya AIDS? Ya, menurut para peneliti dari University of Michigan senyawa protein yang terdapat pada pisang diyakini dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan virus HIV.

Seperti dikutip dari Softpedia (23/10/15), para peneliti dari kampus yang terletak di Amerika Serikat tersebut dilaporkan mengolah senyawa protein yang juga dikenal dengan nama Banana Lectin (BanLec) atau lektin pisang menjadi obat yang disebut H84T. Obat hasil ekstraksi BanLec ini diklaim aman untuk digunakan karena telah lulus sejumlah uji terutama uji efek samping.

Para peneliti mengklaim H84T yang berasal dari ekstraksi BanLec diklaim tak akan membuat pasien nanti radang atau iritasi karena telah melalui proses dan pengolahan sedemikian rupa sehingga aman untuk dikonsumsi. Sekadar informasi, BanLec memang dikenal sebagai senyawa protein yang dapat menyebabkan peradangan dan iritasi jika dikonsumsi tanpa pengolahan yang tepat.

Menariknya, selain dapat melindungi tubuh terutama darah dari serangan virus, hasil ekstrasi BanLec ini juga diklaim mampu melawan virus berbahaya lainnya. Dalam percobaan laboratorium yang dilakukan oleh para peneliti, BanLec diketahui juga bisa melawan serangan virus hepatitis tipe C dan influensa.

Sayangnya, obat hasil ekstraksi BanLec ini dilaporkan tak akan diproduksi secara massal dalam waktu dekat. Para peneliti mengungkapkan bahwa mereka masih akan melakukan percobaan dan penelitian lanjutan untuk menguji apakah hasil ekstraksi BanLec juga bisa dapat membunuh virus berbahaya lainnya.

(brl/red)