Snapdragon 820 diisukan panas, Qualcomm kembali membantah

Snapdragon 820 diisukan panas, Qualcomm kembali membantah

Techno.id - Selama beberapa tahun terakhir, Qualcomm dikenal sebagai perusahaan pemimpin industri chipset smartphone. Namun sejak isu overheating (mudah panas) pada Snapdragon 810 bergulir di tahun 2014, popularitas perusahaan asal Amerika Serikat itu pun mulai memudar.

Di tahun ini, Qualcomm terlihat cukup berusaha keras untuk mengembalikan nama baiknya. Sayang, chipset andalan baru Snapdragon 820 selaku 'penebus dosa' Snapdragon 810 ternyata masih diisukan dengan hal yang sama, yakni overheating.

Menanggapi isu tersebut, Qualcomm kembali membantah melalui situs media sosial Weibo. Mereka juga menegaskan bahwa prosesor penebus dosa itu masih belum dirilis secara resmi, sehingga belum ada satu pun handset yang menggunakan Snapdragon 820.

Menariknya, tanggapan Qualcomm seolah bertentangan dengan Samsung yang dilaporkan tengah mencoba memperbaiki Snapdragon 820. Dengan kata lain, Samsung secara tidak langsung telah mengakui bahwa Snapdragon 820 masih membawa isu overheating.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (29/10), adapun trik Samsung dalam memperbaiki isu overheating kali ini adalah dengan menggunakan dua metode. Pertama adalah memodifikasi program pengontrol mikroprosesor (software), kedua adalah menambahkan pipa penghantar pada Galaxy S7 (hardware).

(brl/red)