CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 3 November 2015 20:22

Sebar undangan acara khusus, Lenovo siap bangun pabrik di Indonesia?

Lenovo: "Kami akan mengungkap bagaimana cara Lenovo mengejar aturan kandungan lokal"

Sebar undangan acara khusus, Lenovo siap bangun pabrik di Indonesia?

Techno.id - Berbagai cara yang dilakukan perusahaan pembuat perangkat teknologi yang dilengkapi fitur 4G LTE (long term evolution) untuk memenuhi aturan tingkat kandungan lokal (TKDN) belakangan jadi perbincangan hangat. Lenovo yang telah memiliki posisi top 5 di industri smartphone Indonesia sepertinya sudah memiliki langkah strategis yang akan diambilnya demi memenuhi aturan TKDN dari pemerintah.

Hal itu terlihat dari sebuah undangan acara khusus yang disebar Lenovo Indonesia kepada awak media. Dalam undangan tersebut Lenovo mengklaim 'perusahaannya terus meningkatkan investasinya di Indonesia' dan akan mengumumkan 'sebuah inisiatif penting di divisi smartphone yang dimilikinya di dalam negeri'.

"Saya belum bisa memberikan komentar apapun terkait langkah Lenovo dalam memenuhi aturan TKDN yang diterapkan pemerintah. Tapi kami akan mengumumkannya segera, kami sudah memberikan undangan kepada media untuk memberikan penjelasan soal itu," kata Rajesh Thadani, Presiden Direktur Lenovo Indonesia.

Dalam undangan itu disebutkan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan beberapa pejabat terkait juga akan turut menghadiri acara itu. Sayangnya, pihak Lenovo Indonesia masih belum mau menjelaskan secara lugas apa yang akan diumumkan perusahaannya pada acara yang akan digelarnya tanggal 4 November besok itu.

Ketika ditanya apakah Lenovo akan membangun pabrik di Indonesia demi mengejar kadar TKDN, Rajesh memilih tidak memberikan komentar. "Nanti kami siap mengungkap bagaimana cara Lenovo mengejar aturan kandungan lokal supaya bisa tetap memasarkan produk di Indonesia yang merupakan pasar penting bagi kami," kilah Rajesh.

Sebelumnya, Lenovo Indonesia mengaku perusahaannya masih dalam proses diskusi agar bisa menentukan langkah paling pas yang diambilnya supaya bisa memenuhi aturan TKDN yang akan sepenuhnya diterapkan tanggal 1 Januari 2017 mendatang. Aturan TKDN di perangkat 4G telah ditandantangani oleh Menkominfo, Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian dalam rangka mendorong industri teknologi dalam negeri.

Prediksi lain yang beredar menyebutkan Lenovo akan mengumumkan kehadiran perangkat berfitur 4G dengan harga terjangkau di pasar Indonesia. Perusahaan itu memang beberapa waktu lalu disebutkan bakalan membawa ponsel 4G yang bakalan dibanderol harga sekitar Rp 1 juta supaya bisa mendorong penetrasi adopsi teknologi 4G di Indonesia agar bisa lebih cepat.

WHAT TO READ NEXT ?