Samsung minta maaf secara tertulis pada keluarga korban leukimia

Samsung minta maaf secara tertulis pada keluarga korban leukimia

Techno.id - Kwon Oh-hyun, CEO dan vice chairman Samsung Electronics, belum lama ini bertemu dengan perwakilan anggota keluarga mantan pegawainya. Ia mewakili Samsung untuk menyatakan permintaan maaf dan duka cita pada para pegawainya yang telah terserang leukimia dan kanker.

Dalam pertemuan di kantor Samsung di Seoul itu, Kwon memberikan permintaan maaf secara tertulis dan diterima oleh perwakilan keluarga mendiang. Ia mengaku pihaknya gagal bertindak cepat untuk menangani mereka yang terserang leukimia dengan cepat karena radiasi bahan kimia pabrik Samsung.

"Kami menghargai pengertian dan upaya Anda untuk menyelesaikan masalah (terkait dengan sengketa yang melibatkan mantan pekerja pabrik Samsung) ini," terangnya, seperti dikutip dari KoreaHerald.com (14/01/16).

Samsung minta maaf secara tertulis pada keluarga korban leukimia

CEO Samsung Electronics, Kwon Oh-hyun, (kiri) memberikan permintaan maaf secara simbolis pada keluarga korban
2016 Samsung Electronics

Selain permintaan maaf secara resmi ini, perusahaan asal Korea Selatan itu juga telah menyiapkan kompensasi sekitar Rp1 triliun untuk 150 pihak yang berhak. Sejak sumber melaporkan, setidaknya sudah ada lebih dari 100 korban yang mengklaim haknya tersebut.

Dana sebesar itu tak cuma dijadikan santunan, tetapi juga riset untuk menangani penyakit tersebut. Untuk ke depannya, Samsung sudah menggandeng pihak lain untuk memonitor kondisi kerja di pabrik semikonduktor dan layarnya, agar kejadian serupa tak berlanjut lagi.

(brl/red)