Samsung ingin turun level, dari perusahaan besar menjadi startup

Samsung ingin turun level, dari perusahaan besar menjadi startup

Techno.id - Ada yang aneh dari Samsung. Produsen smartphone sekaligus beragam teknologi lain terkemuka ini berniat menanggalkan titelnya sebagai perusahaan besar. Melansir NDTV.com (25/03/16), vendor asal Korea Selatan itu hendak mengubah struktur dan kultur organisasinya yang lebih kompleks menjadi lebih ramping layaknya startup.

Tak hanya itu, para pegawai Samsung pun sudah diikat dengan rencana seperti pengurangan meeting dan penerapanjam kerja tambahan. Alasan pengambilan langkah ini berkaitan dengan mulai melempemnya sepak-terjang Samsung di beberapa sektor plus kian tumbuhnya kompetitor mereka yang lebih kecil.

Lebih lanjut, pada bulan Juni mendatang, Samsung bakal mengumumkan corporate culture-nya yang anyar. Gaya kepemimpinan dan karakter perusahaan yang terbawa pemerintahan Korea Selatan dulu yang cenderung diktator akan mulai ditinggalkan. Segelintir perubahannya itu diwujudkan dengan kebijakan seperti para pegawai Samsung akan didorong untuk merefleksikan diri dan menghabiskan waktu lebih banyak bersamakeluarga.

Menurut Anda, apakah langkah teranyar Samsung ini bisa memacu mereka untuk terus bersaing dengan perusahaan Silicon Valley sembari meninggalkan para kompetitor asal Tiongkok yang sangat ambisius itu?

(brl/red)