RCTI meraup pendapatan kotor hingga Rp 4,765 triliun

RCTI meraup pendapatan kotor hingga Rp 4,765 triliun

Techno.id - Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan jika industri di Indonesia sedang mengalami masa lesu. Bagaimana tidak lesu? Pertumbuhan ekonomi yang tahun lalu mencapai 5,14 persen, kini hanya sebesar 4,71 persen. Namun, apa yang terjadi dengan 13 stasiun TV nasional sungguh bertolak belakang.

Menurut data yang didapat dari Adstensity, belanja iklan di televisi pada semester pertama 2015 mencapai Rp 32,919 triliun. Angka sebesar ini hanya berasal dari pendapatan kotor 13 stasiun TV nasional.

"Persaingan antar kelompok televisi masih seru meski ekonomi melambat, tapi turunnya Trans grup dari sisi pendapatan mengejutkan. Di sini perlunya talent-talent dalam mengendalikan industry kreatif," kata Sapto Anggoro, selaku direktur PT. Sigi Kaca Pariwara, pengembang platform riset Ad Adstensity, seperti yang dikutip dari Merdeka (2/7/15).

Dari 13 Stasiun tv nasional yang di data Adstensity, RCTI tercatat sebagai stasiun TV dengan pendapatan kotor tertinggi hingga mencapai Rp 4,765 triliun. Berikutnya adalah SCTV dengan pendapatan mencapai Rp 4,731 triliun. Nomor ketiga diduduki oleh MNC TV dengan pendapatan mencapai Rp 3,843 triliun. Sedangkan pendapatan terendah diperoleh TVRI dengan raihan angka Rp 12,005 miliar.

Walaupun RCTI memperoleh pendapatan kotor tertinggi, namun penguasaan pendapatannya hanya mencapai 15 persen. Sedangkan, SCTV dan MNC TV masing-masing menguasai 14 persen dan 12 persen. Sementara Trans Corp yang selama bertahun-tahun menduduki peringkat tertinggi, semester pertama 2015 ini hanya mendapatkan 8 persen pangsa pasar.

(brl/red)