Produsen tablet sekelas Apple saja kini sulit jual produknya

Produsen tablet sekelas Apple saja kini sulit jual produknya

Techno.id - Tren penjualan tablet secara global belum begitu membaik. Dari data yang dipaparkan oleh International Data Corporation (IDC) pada kuartal ketiga 2015 ini, vendor sekelas Apple dan Samsung saja kesulitan menjual produk tabletnya.

Menurut IDC (29/10/15), penjualan tablet pada Q3 2015 ini hanya sebanyak 48,7 juta unit. Memang, jika dibandingkan angka di kuartal kedua 2015, yakni 44,7 juta unit, torehan itu telah membaik. Namun kalau dibandingkan dengan pertumbuhan di periode yang sama tahun lalu, penjualan periode ini telah menurun 12,6 persen.

Dalam data itu, Apple memang masih kukuh di puncak produsen tablet dunia. Akan tetapi penjualan iPad dalam tiga bulan terakhir tak sebanyak pada Q2 2015 alias menurun 1 juta unit. Sedangkan Samsung dan Lenovo yang menguntit di bawahnya sama-sama mencatat peningkatan, meski tak signifikan. Data selengkapnya tersaji di tabel berikut:

Produsen tablet sekelas Apple saja kini sulit jual produknya

Sementara itu, Tom Mainelli, Program Vice President Devices & Displays IDC, berpendapat jika hadirnya tablet 2-in-1 memang mampu menarik konsumen, tetapi belum maksimal. Sebab, vendor masih tampak berkompromi, baik dalam menghadirkan OS maupun hardware yang lebih tinggi spesifikasinya.

(brl/red)