Tablet Apple dan Samsung kewalahan hadapi kompetitor

Tablet Apple dan Samsung kewalahan hadapi kompetitor

Techno.id - Analisis terbaru yang dirilis oleh International Data Corporation (IDC) kian mempertegas lesunya penjualan produk tablet. Dalam rilis persnya (29/07/15), mereka memaparkan kalau market share tablet di kuartal kedua tahun ini telah anjlok 7 persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, total penjualan di Q2 2015 juga menurun kalau dikomparasikan dengan Q2 2014, dengan perbandingan 44,7 juta unit berbanding 48 juta unit.

Namun, yang tak luput dari sorotan ialah merosotnya prestasi penjualan dua produsen tablet terkemuka, yakni Apple dan Samsung. Masing-masing dari mereka memang masih menduduki posisi satu dan dua. Akan tetapi di antara lima besar vendor tablet teratas, statistik penjualan mereka yang terburuk karena terus merosot. Sementara Lenovo, Huawei, dan LG yang ada di bawahnya terus mencatatkan tren penjualan yang meningkat.

"Pada kuartal pertama tahun ini, Apple dan Samsung menyumbang 45% dari porsi pasar dan di kuartal ini, dengan pertumbuhan vendor seperti LG, Huawei, dan E FUN, pangsa pasar keduanya turun menjadi 41%," demikian terang Jean Philippe Bouchard, IDC Research Director for Tablets.

Data selengkapnya tersaji dalam tabel buatan IDC berikut:

Tablet Apple dan Samsung kewalahan hadapi kompetitor
Statistik penjualan tablet di kuartal kedua 2015 2015 IDC

Kira-kira bagaimana statistik di tiga bulan mendatang? Bagaimana prediksi Anda?

(brl/red)