CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 10 Oktober 2015 15:00

Tiga bulan terakhir, tren penjualan PC dunia kian negatif

Lenovo tetap memimpin daftar vendor PC global top.

Tiga bulan terakhir, tren penjualan PC dunia kian negatif

Techno.id - Posisi PC di pasaran terbukti terus terancam. Dengan serbuan dari laptop, tablet, hingga perangkat hibrida, penjualan PC secara global pun semakin lesu.

International Data Corporation (IDC) mencatat bahwa dalam kuartal ketiga 2015 ini, hanya ada 71 juta unit PC yang terjual. Volume itu mengindikasikan penurunan sebesar 10,8 persen dari tahun lalu. Bahkan, persentase itu lebih buruk daripada penurunan yang sudah diprediksi sebelumnya, yakni 9,2 persen.

Namun di samping hasil yang kurang memuaskan ini, Lenovo masih tercatat sebagai vendor PC paling top, karena berhasil menjual sebanyak 14,9 juta unit PC. Walaupun, angka itu lebih sedikit 4,9 persen ketimbang periode yang sama tahun 2014 silam. Sedangkan di bawah Lenovo, ada HP dengan penjualan 13,9 juta unit dan juga Dell dengan 10,1 juta unit.

Meski terus menunjukkan penurunan, analis IDC optimistis masih ada harapan bagi pasar PC ke depannya. Sebab, Microsoft dan Intel telah menghadirkan produk terbaru mereka yang diprediksi cukup menggoda.

"Perangkat baru yang sudah mendukung Windows 10 dan dimotori oleh prosesor terbaru Intel, Skylake, sedang menuju ke pasaran dan bisa menjadi alasan paling menggiurkan bagi konsumen dalam beberapa tahun terakhir untuk meng-upgrade PC mereka," terang  Linn Huang, IDC Research Director, Devices & Displays, seperti dikutip dari rilis pers IDC (08/10/15).

WHAT TO READ NEXT ?