Geser Xiaomi, Huawei rajai pasar smartphone di negeri sendiri

Geser Xiaomi, Huawei rajai pasar smartphone di negeri sendiri

Techno.id - Tiongkok dikenal sebagai rumahnya produsen smartphone. Nama-nama seperti Oppo, Lenovo, Huawei, hingga Xiaomi dan ZTE tentu tak asing lagi bagi konsumen global, terutama di Asia.

Namun berdasarkan analisis dari Canalys, pasar smartphone di Negeri Tirai Bambu saat ini hanya dikuasai oleh satu nama, yakni Huawei. Dikutip dari rilis pers Canalys (21/10/15), Huawei sukses menjadi vendor ponsel pintar Tiongkok di kuartal ketiga tahun ini dengan menggeser Xiaomi.

"Pencapaian Huawei sebagai pemuncak tahta pasar smartphone adalah prestasi yang luar biasa, terutama dalam konteks di mana pasar smartphone di Tiongkok semakin kejam dan keruh," terang Jessie Ding analis dari Canalys.

Canalys memprediksi pengiriman produk Huawei kini telah meningkat 81 persen dari tahun lalu. Dibanding kuartal sebelumnya, pada Q3 2015 ini Huawei juga makin kuat.

Namun di samping itu, Huawei, yang baru pertama kali menduduki posisi ini, bisa dibilang mendapat keuntungan dari melemahnya Xiaomi. Karena Xiaomi menargetkan untuk dapat melepas 80 juta smartphone dari pabriknya di tahun ini, cengkraman perusahaan berusia lima tahun itu di rumahnya sendiri pun melemah. Sebab, Xiaomi lebih memilih untuk menjadi vendor internasional dengan fokus menjual produknya di Brasil, India, dan pasar Asia lain.

(brl/red)