Mengapa desktop PC lebih cocok untuk urusan bisnis daripada laptop?

Mengapa desktop PC lebih cocok untuk urusan bisnis daripada laptop?

Techno.id - Dewasa ini, semakin banyak saja perangkat baru yang muncul dengan mengusung kelebihan mobilitas, misalnya tablet hibrida. Vendor ternama pun masih terus berani menggenjot produksi laptop atau notebook super tipisnya. Namun di sisi lain, desktop PC diprediksi tak akan segera tamat karena masih memiliki "pengguna setianya" sendiri.

Ya, berdasarkan survei dari International Data Corporation (IDC), desktop PC masih dibutuhkan, terutama untuk kepentingan bisnis. Meski tak unggul dalam hal mobilitas, responden yang terdiri dari 600 petinggi perusahaan besar di Perancis, Inggris, dan Jerman, mayoritasnya tetap memilih PC untuk perusahaan mereka.

Tepatnya, ada 84 persen responden yang cenderung menginginkan desktop PC untuk kepentingan bisnis berbanding 56 persen lain yang memilih portable PC.

Mengapa desktop PC lebih cocok untuk urusan bisnis daripada laptop?
Perbandingan pengguna desktop dan laptop untuk bisnis 2015 IDC

Alasannya ternyata sederhana saja. Desktop PC dianggap memiliki keunggulan tersendiri, terutama dari performanya yang lebih tinggi, daya tahannya yang lebih baik, usia produk yang lebih lama, serta harganya yang lebih murah.

"Survei membuktikan jika rerata umur desktop setahun lebih panjang daripada laptop, sehingga dapat mengurangi beban biaya perusahaan," Maciek Gornicki, research manager IDC, menguatkan kesimpulan itu.

"Di sisi lain, pengamanan yang lebih ketat dari desktop akan menguntungkan bisnis yang beroperasi di sektor asuransi, finansial, dan perbankan, juga badan pemerintahan," imbuhnya, seperti dikutip dari rilis pers IDC (28/09/15).

(brl/red)