CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 18 Maret 2016 18:00

Pria apa wanita yang suka akses berita lewat ponsel?

Pengakses infromasi melalui ponsel mencapai 96% yang merupakan angka tertinggi dibandingkan media lain.

Pria apa wanita yang suka akses berita lewat ponsel?

Techno.id - Ponsel yang sejatinya berfungsi sebagai alat komunikasi telah berevolusi jadi perangkat pendukung segala aktivitas, termasuk pengakses informasi terkini. Saat ini, masyarakat perkotaan di Indonesia disebutkan sangat menggemari konsumsi berita melalui telepon genggam.

Berdasarkan data riset dari Indonesia Digital Association (IDA) yang didukung Baidu Indonesia dan dilakukan lembaga riset GfK, pengakses infromasi melalui ponsel mencapai 96% yang merupakan angka tertinggi dibandingkan media lain seperti televisi (91%), surat kabar (31%), radio (15%), dan lainnya.

Riset tersebut dilakukan di 5 kota besar di Indonesia selama penghujung tahun 2015 ini mencakup 1521 panelis yang ditanam melalui perangkat mereka dan 775 responden yang dilakukan interview langsung.

Ilustrasi pengguna smartphone
© 2016 thedrum.com/thedrum.com

Dari riset itu, ditemukan fakta pembaca berita online cenderung didominasi oleh kelompok usia 33 s/d 42 tahun yang didominasi pria. Dari segi status sosial ekonomi kategori kelas A dan B. Kebanyakan dari mereka (60%) mengkonsumsi berita secara rutin setiap minggu, bahkan ada pula (24%) yang membaca berita online setiap hari.

“Kami selaku praktisi industri sangat antusias terhadap hasil temuan ini. Kemajuan teknologi telah mengubah cara masyarakat mengkonsumsi informasi, yang tentunya kami lihat sebagai opportunity untuk menyuguhkan konten yang tepat di saat yang tepat, dengan cara yang tepat," ungkap Edi Taslim, Ketua IDA.

Ia melanjutkan, hasil riset itu perlu disikapi oleh para praktisi marketing dan merek agar dapat berkomunikasi dengan target pasarnya melalui moda yang relevan. "Semoga semakin banyak riset terkait industri yang dapat kami hasilkan di waktu mendatang,” kata Edi.

 

WHAT TO READ NEXT ?