CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 18 Maret 2016 10:00

Tomat busuk jangan dibuang tapi manfaatkan untuk menghasilkan listrik

Tomat busuk sebanyak 396.000 ton dapat mencukupi kebutuhan listrik Walt Disney World selama 90 hari.

Tomat busuk jangan dibuang tapi manfaatkan untuk menghasilkan listrik

Techno.id - Mengonsumsi buah-buahan seperti tomat memang baik untuk kesehatan. Namun, jika buah tomat tersebut telah busuk, sebaiknya jangan dikonsumsi karena bisa membahayakan tubuh. Meski begitu, Anda jangan langsung membuangnya karena buah tomat yang sudah membusuk masih bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.

Penelitian terbaru yang dipamerkan di acara tahunan American Chemical Society (ACS) menunjukkan bahwa tomat yang sudah membusuk dapat dicampur dengan bakteri khusus untuk menghasilkan listrik. Bahkan, tomat tersebut dapat menjadi sumber energi listrik yang sangat besar.

"Kami telah menemukan bahwa tomat busuk dapat dijadikan sumber energi listrik yang sangat besar saat digunakan dalam sel elektrokimia mikroba. Proses ini juga membantu memurnikan tomat yang sudah terkontaminasi, " kata peneliti Namita Shrestha, seperti yang dikutip dari Popsci (17/3/2016).

Lalu, bagaimana cara peneliti mengubah tomat busuk menjadi listrik? Tomat busuk tadi disatukan bersama sel bakteri khusus. Kemudian, bakteri tersebut akan mengoksidasi tomat dan melepaskan elektron. Setelah itu, elektron yang terlepas akan ditangkap oleh sel bahan bakar dan akhirnya menjadi listrik.

Sayangnya, daya listrik yang dihasilkan dari 10 miligram tomat busuk masih sangat rendah, yakni 0,3 watt. Namun, secara teori, jika Anda mau mengumpulkan tomat busuk hingga 396.000 ton, Anda bisa mencukupi kebutuhan daya listrik Walt Disney World selama 90 hari.

WHAT TO READ NEXT ?