CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 14 Maret 2016 08:00

Ilmuwan klaim temukan teknik deteksi dini HIV dan kanker

HIV dan kanker mungkin sulit untuk disembuhkan, tapi juga mungkin jika bisa dideteksi lebih awal

Ilmuwan klaim temukan teknik deteksi dini HIV dan kanker

Techno.id - HIV dan kanker mungkin adalah salah satu dari beberapa jenis penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Namun tak sedikit pula yang menganggap mungkin apabila kedua penyakit itu bisa dideteksi lebih awal.

Para ilmuwan Stanford, merupakan pihak yang mempercayai kemungkinan tersebut. Singkat kata, mereka baru saja mengklaim berhasil menemukan sebuah teknik mendeteksi HIV dan kanker secara dini. Jadi, seperti apa?

Mengutip laman Engadget (11/03), teknik ini mulai ditemukan kala para ilmuwan melakukan uji coba sistem kekebalan. Percobaan di sini berupa melihat pertumbuhan sistem antibodi para penderita HIV dan kanker.

Menggunakan teknik isolasi DNA, para ilmuwan kemudian memberi tanda bendera pada molekul-molekul antibodi tersebut. Dari sini, para ilmuwan Stanford mengklaim jika hasil yang didapatkan bisa lebih sensitif dan akurat.

Dikatakan, percobaan ini dilakukan para ilmuwan untuk kanker jenis tiroid. Menurut mereka, teknik ini sanggup mendeteksi hingga 800 kali lebih sensitif. Mereka pun kini melanjutkan ke tahap uji klinis di Alameda County Public Health Laboratory.

WHAT TO READ NEXT ?