CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 17 September 2015 10:00

Percanggih Apple Maps, Apple akuisisi pembuat aplikasi mirip Waze

Akuisisi ini diprediksi melibatkan mahar antara Rp360 miliar sampai Rp430 miliar.

Percanggih Apple Maps, Apple akuisisi pembuat aplikasi mirip Waze

Techno.id - Apple dilaporkan telah mengakuisisi startup asal San Francisco pembuat aplikasi analisis dan visualisasi data lokasi, Mapsense. Seperti dikutip dari Recode.net (16/09/15), akuisisi ini diprediksi melibatkan mahar antara Rp360 miliar sampai Rp430 miliar.

Mapsense sendiri didirikan tahun 2013 silam. Tim berisi 12 orang tersebut menawarkan layanan pada user berupa peta model grafis yang merangkum banyak data berbasis cloud.

Secara kasat, layanan dari Mapsense identik dengan aplikasi sejenis Waze. Akuisisi startup mapping ini pun kemungkinan besar bertujuan untuk memperkuat layanan Apple Maps, misalnya untuk meningkatkan akurasi real-time traffic data. Walaupun di satu sisi, pihak Apple tidak mengatakan secara gamblang tujuannya membeli perusahaan yang lebih kecil seperti ini.

Sebenarnya tahun 2013 silam, Apple pernah dirumorkan bakal merangkul Waze. Namun, startup asal Israel itu kabarnya menolak tawaran raksasa Cupertino. Pembicaraan serius terkait keduanya pun tidak berlanjut dan pada akhirnya terkesan hanya gosip belaka.

WHAT TO READ NEXT ?