CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 17 September 2015 09:00

Apple akan ijinkan pengguna iOS menghapus aplikasi bawaan

CEO Apple: "Tidak semua aplikasi dapat dihapus karena dapat merusak sistem operasi"

Apple akan ijinkan pengguna iOS menghapus aplikasi bawaan

Techno.id - Bulan Agustus kemarin, Google sempat mengutarakan niatnya untuk mengurangi jumlah aplikasi bloatware di sistem operasi Android. Kala itu, Google menyebut beberapa aplikasi tersebut di antaranya yakni Play Games, Play Books, Google+, dan Newsstand.

Kini, sistem operasi iOS tampaknya juga akan mengalami hal serupa. Pasalnya dalam sebuah wawancara dengan BuzzFeed, Tim Cook selaku CEO Apple mengaku tengah mencari solusi agar pengguna iOS dapat menghapus beberapa aplikasi bawaan.

Dalam wawancara tersebut, Cook bahkan mengakui jika para pengguna iOS memang telah lama menanti fitur ini. Namun, ia juga mengingatkan bahwa tidak semua aplikasi bawaan untuk ke depannya akan dapat dihapus secara keseluruhan.

Menurutnya, beberapa aplikasi utama seperti Messages, Safari, dan Mail memiliki keterkaitan dengan sistem operasi. Artinya jika salah satu dari aplikasi itu dihapus, maka akan mengakibatkan sistem operasi menjadi rusak (error).

"Ada beberapa aplikasi yang terhubung ke bagian lain dari iPhone. Jika mereka dihapus, maka dapat menyebabkan masalah lain di iPhone tersebut," ujarnya sebagaimana dikutip dari The Verge (15/09).

Atas dasar itu, Cook pun akan memberikan kebebasan untuk menghapus beberapa aplikasi yang memang tidak terhubung dengan iOS. Adapun beberapa di antaranya seperti Compass, Stocks, Podcasts, Tips dan sejenisnya.

Sayangnya, Cook masih enggan membeberkan informasi perihal kapan fitur ini mulai dapat dinikmati para pengguna iOS. Yang jelas, fitur ini nantinya pasti akan sangat bermanfaat dalam menghemat kapasitas penyimpanan perangkat iOS.

WHAT TO READ NEXT ?