Penjualan ponsel rugi, pemasukan LG di kuartal ketiga 2015 merosot

Penjualan ponsel rugi, pemasukan LG di kuartal ketiga 2015 merosot

Techno.id - LG Electronics belum lama ini mengumumkan neraca keuangan mereka untuk kuartal ketiga 2015 ini. Dari rilis yang diterbitkan (29/10/15), laba LG dalam tiga bulan terakhir hanya Rp1,5 triliun, lebih sedikit ketimbang net profit dari Q2 2015 sebesar Rp2,8 triliun.

Merosotnya keuntungan LG ini cukup dipengaruhi oleh menurunnya pemasukan dari sektor ponsel. Selama periode Juli sampai September 2015, vendor asal Korea Selatan itu memang mampu mengirimkan 14,9 juta unit smartphone dari pabriknya secara global. Jumlah itu enam persen lebih banyak daripada kuartal sebelumnya.

Sayangnya, LG tak mampu meraih keuntungan lebih, bahkan malah merugi Rp938 miliar. Padahal di Q3 2014, LG bisa menuai untung sebesar Rp2 triliun dari sektor ini saja.

Menurut LG, keringnya pemasukan dari sektor smartphone diakibatkan oleh lesunya permintaan pasar Korea terhadap ponsel high-end. Akan tetapi, LG optimistis bahwa dua produk terbaru mereka, yakni V10 dan Nexus 5X, bisa menyokong pemasukan sektor smartphone di kuartal selanjutnya.

Untungnya, meski merugi di sektor smartphone, LG terbantu oleh pemasukan dari sektor lain, yakni dari lini home appliances serta penjualan televisi high-end. Patut dinantikan apakah optimisme LG pada sektor ponsel ini akan terbayar di kuartal selanjutnya.

(brl/red)