Pemkot Tangerang kembangkan perpustakaan berbasis digital

Pemkot Tangerang kembangkan perpustakaan berbasis digital

Techno.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengembangkan perpustakaan berbasis digital. Tujuannya tak lain adalah untuk meningkatkan minat baca sekaligus mengikuti perkembangan teknologi dan informasi.

Wali Kota Tangeran, Arief R. Wismansyah mengatakan, pesatnya perkembangan teknologi informasi dan jaringan internet harus dimanfaatkan secara maksimal. Tak terkecuali dalam dunia perpustakaan, khususnya dalam hal pencarian bahan pustaka secara digital.

"Selain akan mempermudah pencarian koleksi yang tersimpan di perpustakaan, kami juga ingin tarik minat baca masyarakat dengan kemudahan yang mereka dapat saat berada di perpustakaan. Salah satunya melalui perpustakaan digital," ujarnya.

Untuk merealisasikannya, Pemkot Tangerang melalui Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) telah menggelar pertemuan dengan tim Perpustakaan Nasional Pusat. Nantinya, kedua lembaga tersebut akan bekerja sama dalam membangun perpustakaan digital.

Sekadar informasi, minat baca masyarakat Indonesia di negara Asia masih berada di bawah rata-rata. Menurut studi International Association for the Evaluation of Education Achievement (IEA) Asia Timur, Indonesia hanya memiliki skor 51,7 persen.

Sementara itu, negara-negara tetangga seperti Thailand memiliki skor sebesar 65,1 persen. Adapun dua negara kawasan dengan skor tertinggi masih didominasi oleh Singapura dengan 74 persen, serta Hong Kong dengan 75,5 persen.

Disinyalir, daya beli masyarakat untuk buku yang masih rendah, penyaluran buku yang tidak merata, pengelola perpustakaan yang tak ramah baca, kurangnya motivasi orang tua pada anak adalah penyebab utama mengapa daya baca di Indonesia masih rendah.

(brl/red)