CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 4 November 2015 18:00

Buat perangkat "teleportasi", Facebook ingin ajak pengguna menjelajah?

Perangkat "teleportasi" tersebut kabarnya akan mengajak pengguna nanti menjelajah dunia dan melewati batas-batas geografi.

Buat perangkat

Techno.id - Facebook memang dikenal sebagai perusahaan yang memiliki ambisi besar terhadap masa depan teknologi dunia. Nah, salah satu ambisi besar perusahaan yang bermarkas di Menlo Park, California ini terhadap masa depan teknologi dunia adalah menciptakan sebuah perangkat "teleportasi" yang diklaim akan rampung dikerjakan pada tahun 2025 mendatang.

Seperti dikutip dari TheNextWeb (3/11/15), perangkat "teleportasi" tersebut kabarnya akan mengajak pengguna nanti menjelajah dunia dan melewati batas-batas geografi.

"Facebook ingin menciptakan sebuah perangkat yang memungkinkan pengguna berada di mana saja, dengan siapa saja, dan tak terikat oleh batas-batas geografis," ujar Mike Schroepfer, CTO Facebook.

Lebih lanjut, ide gila dari perangkat "teleportasi" ini nantinya akan memanfaatkan perangkat virtual reality dari Oculus Rift yang resmi diakuisisi Facebook beberapa waktu yang silam. Menurut Schroepfer, virtual reality Oculus Rift nantinya akan digunakan untuk mengelabui indra penglihatan sehingga membuat pengguna menjadi percaya dunia maya yang dilaluinya adalah nyata.

Kendati cukup menjanjikan, Schroepfer tak menampik jika rencana besar pembuatan perangkat "teleportasi" ini akan banyak menemui kendala. Menurutnya, untuk mewujudkan perangkat ini pihak Facebook harus benar-benar memikirkan konten yang akan ditampilkan nantinya sehingga benar-benar membuat pengguna terhanyut dengan perangkat tersebut.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut Facebook dikabarkan bakal mengajak kerja sama beberapa studio film serta memanfaatkan teknologi besutan Sureal Vision, perusahaan yang baru diakuisisi awal tahun ini oleh Facebook untuk menggarap prototipe model dan rekontruksi realitas headset virtual reality.

WHAT TO READ NEXT ?