CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 4 Maret 2016 09:00

Pakar: Sistem administrasi digital efektif sederhanakan birokrasi

Tak hanya lebih sederhana, masyarakat diklaim juga dapat langsung melihat kinerja aparatur karena transparansi

Pakar: Sistem administrasi digital efektif sederhanakan birokrasi

Techno.id - Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB), Suhono Harso Supangkat, menilai jika sistem administrasi pelayanan berbasis digital Pemerintah Daerah cukup efektif dalam menyederhanakan alur birokrasi.

"Selama ini seorang Kepala Daerah hanya dapat laporan kinerja pelayanan publik dari aparatur dinas secara manual. Kalau sudah digital, berkas akan mudah terpantau dan alur kebijakan menjadi lebih mudah," ujarnya saat mempresentasikan fasilitas Patriot Operation Center (POC) kepada Walikota Bekasi.

"Seorang pemimpin bisa melihat kondisi nyata di tengah masyarakatnya. Kalau dulu kita kenal dengan istilah 'blusukan'. Sekarang kita cukup memantaunya melalui layar POC secara digital," imbuh Suhono.

Menurutnya, layar POC dapat menyajikan informasi seputar platform smart city. Seputar informasi tersebut meliputi berbagai layanan di kota Bekasi serta fungsi kontroler, hingga smart health yang terkoneksi antar rumah sakit dan Puskesmas.

Fasilitas lain yang bisa ditampilkan POC juga meliputi layanan smart environment. Layanan ini, lanjut Suhono, mencakup aplikasi pelaporan dan saran, transparansi dan percepatan layanan dari pemerintah, hingga pemasangan sensor air dan udara, serta Penerangan Jalan Umum (PJU).

"Pimpinan bisa cepat dan tanggap menyelesaikan masalah di masyarakat, dan masyarakat bisa melihat langsung kinerja aparatur dalam meningkatkan pelayanan," papar Suhono.

WHAT TO READ NEXT ?