Operator telekomunikasi terbesar Korea Selatan luncurkan GiGA LTE

Operator telekomunikasi terbesar Korea Selatan luncurkan GiGA LTE

Techno.id - Sebagaimana diketahui, Korea Selatan dalam beberapa tahun belakangan sangat konsisten menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan akses internet tercepat di dunia. Dan yang jelas, tren ini masih diyakini bakal tetap bertahan bahkan selama beberapa tahun ke depan.

Tren ini baru saja dibuktikan oleh Korea Telecom Corporation dengan mengumumkan layanan seluler data komersil terbarunya bernama GiGA LTE. Operator telekomunikasi yang berbasis di kota Seongnam ini mengklaim, dengan menggabungkan layanan LTE saat ini dan jaringan Wi-Fi lokal, GiGA LTE dapat memberikan kecepatan transfer data hingga sebesar 1,17Gbps.

Operator telekomunikasi terbesar Korea Selatan luncurkan GiGA LTE

Sebagai perusahaan operator telekomunikasi terbesar di Negeri Ginseng, Korea Telecom memang boleh dibilang sudah memiliki fasilitas yang mencukupi bagi warganya. Pasalnya, Korea Telecom saat ini sudah memiliki sebanyak 200.000 tower BTS LTE dan sebanyak 140.000 titik hotspot Wi-Fi yang telah tersebar rata di seluruh negeri.

Menariknya, di samping mengumumkan layanan terbaru GiGA LTE, Korea Telecom melalui pernyataan resminya juga mengumumkan bahwa operator telekomunikasi lainnya yakni SK Telecom dan LG Uplus akan meluncurkan ponsel baru yang dilengkapi dengan teknologi jaringan simultan LTE dan Wi-Fi di akhir bulan Juni.

"Sekitar lima hingga enam ponsel mid-end dan high-end Samsung yang kompatibel dengan jaringan GiGA LTE akan dirilis pada semester kedua tahun ini bersamaan dengan beberapa ponsel dari LG Electronic," ucap pernyataan resmi tersebut seperti dikutip AndroidAuthority (16/06/2015).

Menurut kabar yang beredar, Samsung Galaxy S6 dan Samsung S6 Edge adalah ponsel pertama yang nantinya akan menerima update terbaru untuk dukungan jaringan GiGA LTE. Update ini juga dikabarkan akan dimulai per hari ini. Sedangkan untuk ponsel lainnya baru akan diluncurkan pada akhir tahun 2015.

(brl/red)