Indosat jajal kualitas jaringan di sepanjang jalur Tegal-Pekalongan

Indosat jajal kualitas jaringan di sepanjang jalur Tegal-Pekalongan

Techno.id - Menjelang bulan Ramadan dan Lebaran berbagai pihak berbenah untuk mengatasi tingginya kebutuhan masyarakat menghadapi momen besar tahunan itu. Indosat ikut menyiapkan diri dengan memantau kesiapan jaringan selularnya melalui network drive test di sepanjang jalur Pantura yang biasa digunakan sebagai rute mudik.

Joko Riswadi selaku Division Head Network Optimization Indosat mengklaim bahwa drive test kali ini menjadi yang terpanjang yang pernah dilakukan Indosat. Uji jaringan persiapan hadapi Ramadan dan Lebaran 2015 ini menempuh rute Tegal hingga Pekalongan.

Joko mengaku rute ini juga diyakininya sebagai ajang pembuktian kualitas layanan Indosat dalam menyediakan kualitas bagi pelanggan. Sebab menurutnya, di waktu musim mudik lebaran nanti, kota-kota inilah yang akan mendapat limpahan pemudik.

"Rute kedua kota itu kami pilih untuk drive test karena kemungkinan akan terjadinya penumpukan lalu lintas mobil dan motor mudik di sekitar sini. Sebab, exit tol akan ada di sini beroperasinya tol baru Cipali," papar Joko saat network drive test di Tegal.

Nanang Tri Suseno, Head of Sales Jateng DIY Indosat mengatakan bahwa drive test ini rutin diadakan sebagai komitmen Indosat untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. "Memang tidak sepenuhnya sempurna, namun kami selalu melakukan perbaikan termasuk modernisasi jaringan," ujar Nanang.

Indosat sendiri melihat Tegal menjadi kota representatif dari 23 kota besar yang sudah dimodernisasi jaringannya selain juga jadi salah satu kota utama tujuan mudik. Di samping itu, jalur tol Cikampek Paliwanan (Cipali) yang sudah beroperasi diprediksi akan berdampak pada penumpukan pemudik di rute Tegal, Pemalang, dan Pekalongan.

Mengantisipasi padatnya pemudik di sekitar Tegal, Indosat menyiapkan kapasitas jaringan agar mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. Di antaranya, kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 39 juta erlang/hari dari sebelumnya 6,03 erlang/hari.

Kapasitas pesan singkat (SMS) juga dinaikkan menjadi 1.285/hari, dari sebelumnya 759 juta/hari. Sedangkan, kapasitas layanan data dinaikkan menjadi 2.080 Terabyte/hari dari sebelumnya 564 Terabyte/hari.

Dari hasil uji jaringan di Tegal, akses downlink Indosat mencapai kecepatan maksimum hingga 27,1 Megabyte per second (Mbps), dengan rata-rata 14 Mbps. Sementara, akses uplink stabil di level 3,8 Mbps, dengan kecepatan rata-rata 4,7 Mbps.

(brl/red)