NASA ciptakan pesawat mirip boomerang untuk ke mars

NASA ciptakan pesawat mirip boomerang untuk ke mars

Techno.id - Dilansir dari Theverge.com (30/06/15), NASA Armstrong Flight Research Center menguji prototype pesawat terbang yang dinamakan Prandtl-m, pesawat ini nantinya akan berfungsi menjadi kendaraan buatan manusia pertama yang akan bisa terbang di Planet Merah.

Uniknya, Bentuk dari prototype pesawat ini menyerupai boomerang. Prandtl-m dikatakan dibuat dari fiberglass dan memiliki lebar sayap sekitar 24 inci.

selain itu, pesawat ini memiliki berat sekitar 0,4 kg saja. Sebagaimana yang diketahui Mars memiliki gravitasi yang kurang dibandingkan dengan Bumi. Sehingga dengan berat tersebut, pesawat Prandtl-m bisa memiliki bobot sekitar 1,1 kg saat berada di Mars dan memungkinkan pesawat dapat terbang dengan baik di sana.

NASA ciptakan pesawat mirip boomerang untuk ke mars

NASA dikatakan masih melakukan beberapa tes ketinggian pada pesawat boomerang ini. Hal tersebut dilakukan agar melihat seberapa baik pesawat itu dapat terbang di atas Planet Merah tersebut.

Akhir tahun ini, pesawat ini akan diuji pada ketinggian 100 ribu kaki kemudian pada tes selanjutnya, pesawat ini akan diuji pada ketinggian 540 ribu kaki. Jika pesawat ini lolos uji coba, maka Prandtl-m akan dibawa dalam pesawat luar angkasa yang membawa Rover dan selanjutnya ke Planet Merah pada awal 2020.

(brl/red)