CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 26 Juni 2015 15:20

NASA dan Microsoft bakal hadirkan HoloLens di stasiun luar angkasa

NASA dan Microsoft jajaki kerja sama hadirkan HoloLens di stasiun luar angkasa internasional.

NASA dan Microsoft bakal hadirkan HoloLens di stasiun luar angkasa

Techno.id - Perangkat augmented reality dari Microsoft, HoloLens, kabarnya bakal dihadirkan pada misi luar angkasa NASA berikutnya. Ya, badan antariksa dan raksasa teknologi asal Amerika itu sedang menjajaki kerja sama untuk menghadirkan HoloLens ke Stasiun Antariksa Internasional atau ISS.

Seperti dilaporkan oleh Mashable (25/6/15), NASA dan Microsoft kabarnya sedang mengerjakan proyek yang diberi nama Project Sidekick. Dalam proyek tersebut kabarnya ISS akan menggunakan HoloLens dalam dua mode pekerjaan. Pertama, Remote Expert Mode. Pada mode tersebut HoloLens akan terintegrasi dengan Skype untuk membantu astronot yang sedang berada di luar angkasa berkomunikasi dengan ilmuwan atau teknisi yang berada di bumi. Dengan menggunakan HoloLens, nantinya diharapkan ilmuwan maupun teknisi dapat melihat bila terjadi kesalahan teknis di ISS dan membimbing para astronot untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Kedua, Procedure Mode. Pada mode tersebut nantinya HoloLens akan dimanfaatkan untuk membantu para astronot dalam membaca petunjuk guna melakukan misi eksplorasi. Jadi, nantinya melalui HoloLens, tugas yang akan dikerjakan oleh para astronot akan divisualisasikan, sehingga diharapkan misi eksplorasi dapat berjalan dengan lancar.

NASA dan Microsoft berharap proyek percobaan Sidekick ini dapat berjalan dengan lancar supaya pada akhir tahun 2015 ini keduanya bisa segera membawa HoloLens ke ISS.

WHAT TO READ NEXT ?