Mobil self-driving 'imut' dari Google mulai jajaki jalanan California

Mobil self-driving 'imut' dari Google mulai jajaki jalanan California

Techno.id - Mobil self-driving 'imut' dari Google, Koala, mulai kemarin (25/6/15) telah terlihat menjajaki jalanan di California, Amerika Serikat. Berdasar laporan Softpedia (26/6/15), generasi penerus mobil Lexus SUV tersebut telah mondar-mandir di jalanan Mountain View, California dengan kecepatan 40km/jam. Ya, saat ini pihak berwajib memang hanya mengizinkan Koala hilir mudik di jalanan itu saja.

Berbeda dengan pendahulunya Lexus, rancang bodi dan spare part dari Koala dikerjakan sendiri oleh Google. Secara khusus, Google merancang mobil self-driving tersebut tanpa pedal dan roda kemudi. Namun, demi alasan keselamatan untuk masa uji coba ini, pedal dan roda kemudi masih disediakan dan juga terdapat seorang supir manusia yang akan siap siaga di dalam mobil.

Jika Anda amati rancang bodi Koala lebih teliti, maka Anda bisa menemukan bahwa bagian depan mobil self-driving ini nampak tersenyum. Ya, Google memang berusaha keras untuk membuat Koala jadi lebih ramah ketimbang Lexus. Untuk itu, selain mendesain bagian depan seakan-akan sedang tersenyum, Google juga merancang si Koala dengan bodi yang kecil dan kompak. Bahkan, Google juga menggandeng seniman lokal untuk mendesain sisi pintu mobil berwarna putih ini.

Rencananya, Google masih akan menguji Koala dalam beberapa minggu ke depan. Pengujian yang lebih lama ini dimaksudkan supaya insiden tabrakan yang dilaporkan terjadi pada mobil self-driving sebelumnya tak akan terjadi lagi pada si 'imut' Koala.

Mobil self-driving 'imut' dari Google mulai jajaki jalanan California

Mobil self-driving Google, Koala, tampak menjajal jalanan Mountain View, California 2015 Softpedia/Pinterest.com

(brl/red)