Mobil Self Driving Google alami 11 kali kecelakaan

Mobil Self Driving Google alami 11 kali kecelakaan

Techno.id - Google sudah sejak lama mengembangkan mobil tanpa pengemudi alias Self Driving. Setelah diujikan sejak enam tahun lalu, ternyata mobil Google ini pernah mengalami 11 kali kecelakaan ringan. Namun, Google menyatakan bahwa mobilnya tidak bersalah, justru pengendara lain yang menabrak mobil miliknya.

Menurut Chris Urmson, Direktur Program Mobil Self Driving Google, "Terkadang kami ditabrak ketika berada di lampu lalu lintas. Meski kami sudah berusaha untuk menghindari adanya kecelakaan, namun kecelakaan itu tetap tak terhindarkan."

Dari total 11 kecelakaan yang pernah dialami mobil tanpa pengemudi itu, sebanyak tujuh kecelakaan tertabrak dari belakang, dua tertabrak dari samping, dan satu dari depan. Kebanyakan dari kecelakaan tersebut terjadi di jalanan kota yang padat, seperti yang dikutip dari Popsci (12/5/2015).

Google juga menjelaskan jika mobilnya sudah dilengkapi dengan berbagai sensor, kamera, dan radar. Bahkan, hampir tidak mungkin mobil tanpa pengemudi ini mengalami kecelakaan yang diakibatkan karena kesalahan program. Kecelakaan yang sering terjadi justru berasal dari kesalahan pengemudi yang tidak waspada dengan lalu lintas di jalanan.

Sebenarnya keamanan dari mobil ini sudah terjamin karena mobil ciptaan Google ini telah lulus tes pengujian di jalanan Nevada, Michigan, dan Florida. Bahkan jika tak ada kendala, rencananya tahun 2020 nanti mobil Google siap digunakan secara massal.

(brl/red)