Google edukasi pelaku UMKM manfaatkan internet.

Google edukasi pelaku UMKM manfaatkan internet.

Techno.id - Riset yang dikeluarkan oleh Access Markets International (AMI) tahun 2013 menyebutkan jika terdapat 55,2 juta pelaku usaha kecil menengah di Indonesia. Namun sayangnya, baru 75 ribu yang memanfaatkan internet untuk usaha yang mereka geluti. Padahal pengguna internet yang aktif di Tanah Air mencapai sekitar 4,6 juta yang melakukan transaksi belanja via dunia maya.

Karena hal ini, Google Indonesia memberikan pelatihan dan edukasi kepada ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Denpasar, Bali, untuk memanfaatkan teknologi internet sebagai media pemasaran produk pelaku usaha itu.

"Kami ingin lebih banyak pelaku UMKM di Indonesia tersentuh digital," kata Head of Public Policy and Government Relations Google Indonesia, Shinto Nugroho dalam Seminar Gapura dikutip dari Antara (09/05/15).

Di sisi lain, Dipilihnya Denpasar, menurutnya karena tingkat adaptabilitas masyarakat di kota ini terhadap teknologi internet yang cukup tinggi dengan potensi pelaku usaha UMKM yang besar. Selain itu, Dalam seminar tersebut dikenalkan sejumlah hal menyangkut bisnis di dunia maya melalui web, mobile dan aplikasi dengan menghadirkan pembicara yang merupakan pelaku UKM online.

Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra juga hadir dalam seminar tersebut. Hal ini dilakukan Wali Kota Denpasar untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah memanfaatkan teknologi informasi.

(brl/red)