Google pertimbangkan untuk perkuat privasi keamanan Android

Google pertimbangkan untuk perkuat privasi keamanan Android

Techno.id - Sejauh ini, iOS adalah sistem operasi milik Apple yang selalu menjadi pesaing utama Android. Berbagai fitur 'eksklusif' seperti keamanan dan privasi yang ditawarkan iOS terbukti telah banyak menarik perhatian para konsumen dari seluruh dunia.

Seperti dikutip AndroidCommunity (08/05/2015), Google menyadari hal tersebut dan saat ini dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk meningkatkan fitur keamanan dan privasi di sistem operasi Android. Perubahan baru ini sebelumnya telah disampaikan di konferensi developer Google I/O di San Francisco yang digelar beberapa hari lalu.

Dalam pertimbangannya, sistem operasi Android rencananya akan menyediakan fitur keamanan dan privasi berupa akses aplikasi. Di mana pengguna dapat menentukan apakah suatu aplikasi diperbolehkan untuk di akses oleh orang lain atau pihak ketiga.

Sekadar informasi bahwa Android saat ini memang tengah digunakan oleh sekitar 80 persen perangkat smartphone yang berasal dari seluruh dunia. Sedangkan 15 persen lainnya didominasi oleh iOS dan sisanya 5 persen menggunakan sistem operasi mobile lainnya.

Meskipun telah menguasai lebih dari 50 persen, tidak sedikit pengguna sistem operasi Android yang akhirnya beralih ke sistem operasi lainnya karena alasan fitur keamanan dan privasi yang lebih baik.

(brl/red)