Mobil Google sudah siap turun ke jalanan umum

Mobil Google sudah siap turun ke jalanan umum

Techno.id - Setelah mengalami tahap pengujian yang panjang, akhirnya mobil tanpa pengemudi Google siap diujikan di jalan umum Mountain View, California musim panas nanti. Mobil Google yang akan diujikan ini akan dibatasi pada kecepatan maksimum 25 mil/jam (40Km/jam). Mobil ini sengaja diberikan kecepatan sedang agar aman saat melaju di jalanan.

Namun, Google tidak akan benar-benar melepaskan mobil ini sendirian di jalanan. Mobil Google tetap dilengkapi dengan sopir keselamatan yang dapat mengambil alih kemudi. Mobil ini juga dilengkapi dengan beberapa perangkat yang dilepas dan dipasang kembali seperti pedal gas dan rem, serta roda kemudi. Google juga menyediakan tombol rem khusus untuk membuat mobil ini berhenti secara darurat, seperti yang disadur dari Mashable (15/5/2015).

"Mobil baru Google akan menggunakan perangkat lunak seperti armada SUV Lexus RX450h, yang tercatat telah menempuh jarak hingga satu juta mil tanpa pengemudi," kata Chris Urmson, Direktur Program Mobil Self Driving Google.

Sebelumnya, Google telah mengakui bahwa mobil Self-Driving nya pernah mengalami 11 kali kecelakaan. Namun menurut Chris Urmson, seluruh kecelakaan itu disebabkan oleh pengemudi lain. Dia juga mengungkapkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam 11 kecelakaan tersebut.

Pada bulan Januari lalu, Google mengatakan bahwa pihaknya berencana akan menggunakan mobil Self-Driving secara massal pada tahun 2020. Jika pada tahun 2015 saja mobil Google sudah sampai ke tahap pengujian di jalanan umum, bisa dipastikan lima tahun lagi mobil ini siap beroperasi di seluruh dunia.

(brl/red)