Mantan wakil presiden Amazon setuju kalau polisi punya Robocop

Mantan wakil presiden Amazon setuju kalau polisi punya Robocop

Techno.id - Semenjak tak lagi menduduki pos krusial di Amazon.com, Greg Russell kini menjadi staf kepolisian Seattle, Amerika Serikat. Dengan jabatan barunya sebagai ketua divisi informasi, Greg berharap dapat berbuat lebih untuk dunia dan orang-orang di sekitarnya. Berbekal pengetahuan dan pengalamannya di industri teknologi, pria asal Skotlandia itu pun ingin mempertajam taji kepolisian dengan bantuan teknologi.

Greg mengungkap rencananya itu di tengah sesi tanya-jawab saat perkenalan dirinya pada publik. Menurutnya, teknologi seharusnya dapat meningkatkan kinerja aparat penegak hukum. Namun, hal tersebut bukan berarti polisi harus bergantung pada teknologi dan dikuasai olehnya. Sebab, manusia lebih berkuasa daripada teknologi. Yang menjadi tugasnya sekarang ialah menemukan cara terefisien bagi aparat Seattle untuk memanfaatkan teknologi.

"Anda tak akan pernah bisa mengganti kekuatan otak para detektif ketika sedang mengungkap perkara [dengan teknologi]," tandasnya.

Ketika ditanya soal kemungkinan adanya robot seperti Robocop di jajaran kepolisian Seattle, Greg tak menolak. Akan tetapi, pria yang juga pernah menjabat sebagai general manager di Cisco itu tak semata-mata menyetujuinya.

"Mungkin saja. Sebenarnya itu ide yang bagus sekali," jawab Greg sambil tertawa ramah.

Kepolisian Seattle telah memperkenalkan Greg secara resmi pada 11 Maret 2015. Ia pun diperkenankan untuk mulai menjalani hidup barunya sebagai penegak hukum seminggu kemudian.

(brl/red)