CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 12 April 2016 19:00

Mimin Kaskus ikutan ngomong soal rencana pajak cuma-cuma

"Pada dasarnya kami mendukung rencana Pemerintah terkait pajak..."

Mimin Kaskus ikutan ngomong soal rencana pajak cuma-cuma

Techno.id - Rencana pemerintah menerapkan aturan pajak cuma-cuma terhadap beberapa model bisnis e-commerce masih jadi polemik. Andrew Darwis yang merupakan Co-Founder Kaskus ikut angkat suara terkait rencana pemerintah soal pajak aturan baru tersebut.

Ia menyatakan aturan pajak sangat berdampak pada kelangsungan perusahaan dan industri e-commerce pada umumnya. Aturan pajak dapat membuat suatu model bisnis e-commerce berkembang atau malah membuatnya mati di negara sendiri.

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) cuma-cuma yang dimaksud ini ditujukan bagi beberapa model bisnis e-commerce seperti iklan baris online dan marketplace yang sebagian besar jasanya dapat dinikmati oleh masyarakat pengguna secara gratis. Bagi pengguna yang menginginkan layanan lebih dapat memilih layanan premium yang berbayar.

Model bisnis yang sering dikenal dengan konsep freemium ini sering dijadikan andalan bagi para pelaku usaha di ranah digital, yang dianggap lebih menguntungkan bagi pengguna. Namun ditengarai ada salah tafsir dari Pemerintah yang menyamakan layanan gratis ini dengan pembagian sampel gratis yang secara hukum memang harus dikenai pajak.

WHAT TO READ NEXT ?