Mengapa orang mudah mengantuk setelah makan?

Mengapa orang mudah mengantuk setelah makan?

Techno.id - Apakah Anda pernah merasa mengantuk setelah makan makanan yang berat? Sepertinya hampir semua orang akan mengantuk setelah melahap makanan yang berat. Apalagi, jika Anda sarapan dengan makanan yang berat, maka siangnya Anda akan mudah sekali mengantuk.

Hal ini bisa terjadi karena makanan berat mengandung olahan karbohidrat dan kadar gula yang tinggi. Jika kadar gula dalam darah naik, maka energi pada tubuh akan menurun. Untuk menyeimbangkan kadar gula tersebut tubuh akan melakukan sekresi insulin secara berlebihan.

Akibatnya, triptofan yang bekerja untuk membentuk serotonin dan melatonin akan memicu otak melalui neurotransmitter. Neurotransmitter itu sendiri memiliki efek menenangkan dan membuat Anda mudah mengantuk, seperti yang dikutip dari BodyAndSoul.

Anda bisa mengatasi rasa kantuk tadi dengan menyeimbangkan kadar gula darah dan kadar insulin melalui konsumsi makanan yang mempunyai serat tinggi. Makanan dengan serat tinggi ini seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang polong.

Namun, bila Anda berpikir hanya makanan berat yang menyebabkan kantuk, maka Anda salah besar. Pasalnya, selain makanan berat, ternyata alergi makanan atau intoleransi juga berpotensi menyebabkan rasa kantuk. Intoleransi biasanya berhubungan dengan masalah pencernaan, seperti kembung dan diare.

(brl/red)