Ilmuwan hendak gunakan virus kuno untuk sembuhkan kanker

Ilmuwan hendak gunakan virus kuno untuk sembuhkan kanker

Techno.id - Berkat majunya ilmu pengetahuan, kini orang dengan penyakit kanker bisa disembuhkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan terapi gen.

Meski berisiko, terapi ini diduga kuat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk kanker. Terapi ini bekerja menggunakan bantuan virus yang dapat dengan mudah menyelinap ke sel untuk memodifikasi sel-sel tertentu untuk kebal terhadap penyakit berbahaya.

Sayangnya, kebanyakan virus akan sangat susah diterima oleh sistem kekebalan tubuh atau imun. Sistem imun manusia secara otomatis akan menghancurkan setiap virus yang masuk ke tubuh. Jadi, sebelum virus perantara untuk terapi gen memodifikasi sel, virus akan hancur terlebih dahulu.

Ilmuwan hendak gunakan virus kuno untuk sembuhkan kanker

Ilustrasi terapi gen 2015 BioNews/Softpedia.com

Namun, baru-baru ini peneliti dari Massachusetss Eye and Ear Infirmary baru saja menemukan solusi atas masalah tersebut. Seperti dilaporkan oleh Softpedia (31/7/15), untuk mengelabui sistem kekebalan tubuh yang akan menghancurkan virus perantara terapi gen, para peneliti menggunakan virus kuno yang disebut Anc80.

Pada saat diujicobakan ke tikus, Anc80 mampu menuju ke pusat sel yang terganggu karena infeksi bakteri penyakit dan membenahi struktur sel yang salah sehingga risiko penyakit dapat dikurangi. Tikus yang menderita kerusakan hati, berangsur menunjukkan peningkatan kesehatan karena melakukan terapi gen.

Berdasar temuan tersebut, kini para peneliti yakin virus kuno tersebut bisa jadi solusi baru untuk menjadi pendamping bagi terapi gen yang berfungsi untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya.

(brl/red)