Aktivitas tidur ternyata dapat memperkuat daya ingat otak

Aktivitas tidur ternyata dapat memperkuat daya ingat otak

Techno.id - Tahukah Anda bahwa aktivitas tidur dapat membawa efek positif terhadap otak manusia khususnya memperkuat daya ingat? Jika Anda belum mengetahui hal tersebut, maka sebuah studi penelitian baru dari University of Exeter adalah jawabannya.

Sebagaimana dikutip dari Softpedia (27/07/2015), aktivitas tidur membuat otak lebih mudah bekerja dalam mengingat segala aktivitas yang baru saja terjadi. Dengan kata lain saat terbangun, manusia dapat kembali 'mengakses' memori tersebut dengan mudah.

Dalam serangkaian percobaannya, para peneliti memanfaatkan sekelompok relawan yang berprofesi sebagai pelajar. Selanjutnya mereka diminta untuk mengingat materi pembelajaran, yang selanjutnya dipersilahkan untuk beristirahat selama beberapa jam.

Keesokan harinya, para peserta diminta untuk mengingat kembali materi pembelajaran yang telah diberikan sebelum tidur. Hasilnya, pelajar yang memiliki tidur cukup lebih mudah mengingat materi daripada pelajar yang kurang atau bahkan tidak tidur.

"Aktivitas tidur memungkinkan pelajar untuk mengingat materi sebelumnya dengan persentase hampir dua kali lipat," ujar Nicolas Dumay sebagai salah satu tim peneliti seperti dikutip dari Medical Express.

(brl/red)