Peneliti temukan antibodi baru untuk musnahkan segala jenis virus flu

Peneliti temukan antibodi baru untuk musnahkan segala jenis virus flu

Techno.id - Penyakit flu mungkin terdengar sepele di mata masyarakat. Hal ini mungkin dikarenakan flu dianggap penyakit yang tidak terlalu berbahaya. Namun, bila flu menyerang di saat yang tidak tepat maka penyakit ini bisa jadi menjengkelkan dan mematikan. Belum lama ini para peneliti berhasil menemukan antibodi yang unik. Bahkan saking uniknya, antibodi ini dapat membunuh berbagai jenis virus flu.

Berdasarkan penelitian yang telah diterbitkan di Nature Communications, dapat diketahui bahwa virus flu setiap musim selalu bermutasi sedikit dan menjadikan dirinya lebih kuat. Tentu saja ini merupakan berita buruk bagi tubuh manusia. Pasalnya, jika sistem kekebalan tubuh Anda sedang melemah maka virus flu dapat dengan mudah merangsek masuk ke dalam tubuh, seperti yang dilansir Popsci (21/7/15).

Untuk menghindari penyebaran virus flu, para peneliti menciptakan vaksin flu CT149 yang dapat memberikan sistem kekebalan pada tubuh manusia. Bahkan, vaksin ini dapat menjaga dari serangan virus yang telah bermutasi dari tahun ke tahun. Keahlian antibodi ini dapat mengikat berbagai jenis virus flu dan membunuhnya sebelum menginfeksi tubuh Anda.

Para peneliti membuktikan kemampuan vaksinnya dengan menyuntikkan vaksin CT149 ke dalam tubuh tikus. Hasilnya sungguh mengejutkan, tubuh tikus menjadi lebih kuat dan tahan terhadap virus flu paling kuat yakni H1N1 (flu babi).

Dari beberapa virus flu, yang paling berbahaya adalah virus influenza A. Hal ini dikarenakan influenza A dapat menyebabkan penyakit flu terparah (flu babi dan flu burung) dan hebatnya virus tersebut dapat melompat dari tubuh hewan seperti babi atau unggas ke tubuh manusia.

(brl/red)