CONNECT WITH US
Erick |
 12 Januari 2016 07:00

Mampu deteksi kecelakaan, ini perangkat pintar besutan Audi

Kelak para pengemudi akan membutuhkan teknologi seperti yang dimiliki oleh Audi berikut ini.

Mampu deteksi kecelakaan, ini perangkat pintar besutan Audi

Techno.id - Tak hanya menarik minat para produsen elektronik, CES 2016 juga jadi magnet tersendiri bagi para raksasa otomotif dunia. Hal tersebut tentu saja disebabkan oleh merembetnya teknologi digital ke ranah otomotif.

Salah satu perusahaan otomotif yang ikut berpartisipasi dalam CES 2016 adalah Audi. Seperti yang telah diberitakan oleh Gizmag pada hari Kamis (07/01/16) lalu, perusahaan yang dulunya adalah penghasil kendaraan perang bernama DKW ini memamerkan interior terbaru mobil Audi.

Display yang terdapat pada interior yang dijuluki virtual dashboard ini memang hanyalah sebesar Tab. Namun fitur yang diusungnya merupakan impian para penngemudi, terutama mereka yang tinggal di kota besar dengan penduduk dan volume kendaraan cukup padat.

Perangkat pintar Audi menginformasikan kecelakaan yang terjadi di ruas jalan yang akan dilalui
© 2016 gizmag.com/gizmag.com

Ada 3 buah layar AMOLED yang bisa diakses oleh pengendara Audi. Layar pertama berada di balik roda kemudi, pengganti papan pacu konvensional. Sedangkan layar ke-2 terletak di bagian tengah dashboard, sedikit miring ke arah pengemudi agar ia bisa lebih mudah mengaksesnya. Layar ke-3 terletak di ujung console box, tepat di bawah layar ke-2 dan berukuran lebih kecil.

Layar pertama tentu saja berfungsi menampilkan informasi seputar kondisi kendaraan termasuk kecepatan, putaran mesin, kapasitas baterai, dan informasi penting lainnya. Sedangkan layar ke-2 memegang peranan yang tak kalah penting yaitu memberikan informasi seputar rute yang akan dilalui.

Uniknya, panel tersebut juga dibekali dengan fitur yang cukup pintar, seperti misalnya menginformasikan kecelakaan yang terjadi di ruas jalan yang akan dilalui oleh si pengendara. Pada layar ke-3, pengemudi bisa mendapatkan informasi tambahan seperti kondisi cuaca, temperatur udara, serta kelembaban di sekitarnya.

Virtual dashboard ini bakal disematkan pada varian terbaru Audi yaitu e-tron Quattro Concept, serta R8 V10 Plus. Teknologi ini adalah hasil kerjasama Audi dengan petinggi Nokia bulan Desember 2015 lalu.

 

WHAT TO READ NEXT ?