CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 8 Januari 2016 06:00

Audi bakal rilis mobil yang menyehatkan pengemudi

Audi mengungkapkan, mobil ciptaannya di masa depan bisa mengenali keadaan kesehatan pengguna seperti suasana hati dan suhu tubuh.

Audi bakal rilis mobil yang menyehatkan pengemudi

Techno.id - Audi, perusahaan otomotif asal Jerman baru-baru ini dilaporkan tengah berencana membangun mobil yang dapat menyehatkan penggunanya. Ya, perusahaan yang kerap memproduksi mobil mewah itu dikabarkan bakal memproduksi mobil pintar dengan sistem khusus pelacak kesehatan pengemudi.

Untuk mewujudkan rencananya ini, Audi kini dilaporkan tengah rajin mengembangkan sistem pelacak pintar yang disebut dengan Audi Fit Driver. Sebagaimana dilaporkan oleh Engadget (7/1/16), sistem itu nantinya bakal memungkinkan mobil mampu memantau dan mengetahui tanda-tanda vital kesehatan pengemudi melalui bantuan alat pelacak kebugaran maupun smartwatch yang digunakan oleh pengemudi.

Lebih lanjut, sistem Audi Fit Driver ini nantinya bakal mengumpulkan data kesehatan pengemudi seperti detak jantung, suhu tubuh, keadaan emosi untuk kemudian di bandingkan dengan data kesehatan terdahulu pengemudi. Nah, data pembanding itu nantinya bakal digunakan untuk menentukan treatment apa yang diberikan sistem kepada pengemudi selama mengendarai mobil seperti misalnya, saat keadaan emosi pengemudi dinilai kurang stabil maka sistem secara otomatis bakal memicu kursi untuk memijat pengemudi atau mengatur suhu supaya pengemudi menjadi lebih nyaman.

Tak hanya itu, sistem Audi Fit Driver ini dilaporkan juga bisa menganalisis arus lalu lintas untuk kemudian memberi saran kepada pengemudi untuk menepi ke rest area hingga arus dinilai kembali lancar. Bahkan di masa depan kabarnya sistem bisa memberhentikan mobil secara otomatis jika sistem merasa ada hal yang tak beres dengan pengemudi.

Sayangnya, Audi mengungkapkan jika mobil dengan sistem Fit Driver ini nantinya hanya akan dirilis di Jerman saja. Namun, jika melihat pangsa pasar mobil pintar yang saat ini tengah sangat berkembang di dunia, bukan hal yang mustahil melihat mobil besutan Audi dengan sistem ini bakal hadir ke seluruh negara di dunia nantinya.

 

WHAT TO READ NEXT ?