CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 7 Januari 2016 20:00

Langganan Netflix memang murah, tapi …

Rudiantara menyebutkan pelanggan Netflix nanti harus sudah siap dengan biaya layanan data untuk bisa menikmati semua konten.

Langganan Netflix memang murah, tapi …

Techno.id - Layanan streaming dari Netflix segera bisa menikmati konten premium dan eksklusif dengan harga murah. Biaya langganan Netflix sebulan memang hanya perlu membayar minimal Rp 109 ribu untuk bisa melahap berbagai konten yang ada di Netflix, tapi ternyata pelanggan harus siap dengan beban lainnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebutkan pelanggan Netflix nanti harus sudah siap dengan biaya layanan data untuk bisa menikmati semua konten baik film maupun siaran lain di dalamnya.

“Itu kan biaya yang harus dibayar ke Netflix langsung. Tapi kan pelanggannya harus siap dengan biaya layanan data yang dibayar ke operator secara terpisah. Memang kelihatannya lebih murah daripada film (di bioskop), tapi emang langganan datanya mereka gak bayar?,” ujar Rudiantara kepada awak media.

Layanan streaming Netflix, kata Rudiantara, serupa dengan panggilan menggunakan layanan over-the-top (OTT), misalnya WhatsApp. “Sama aja kayak nelpon pake WhatsApp orang bilang gratis, muke lo gratis! emangnya datanya gak bayar. Kan layanan datanya kita harus bayar ke operator,” imbuhnya.

Menteri yang akrab disapa Chief RA itu melanjutkan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengkajian secara mendalam terkait kebutuhan masyarakat atas layanan streaming yang disediakan Netflix. Ia mengaku tak mau terburu-buru mengambil sikap terhadap produk teknologi yang masuk ke Indonesia.

"Balik lagi kita harus lihat dari sisi masyarakat seperti apa, jangan langsung maen tata tanpa tahu jadinya gimana, dadakan-dadakan ujungnya ribut. Pemerintah sebagai regulator menata secara bertahap semuanya supaya bisa berimbang,” jelas Chief RA.

Sebelumnya diberitakan, Netflix akan secara resmi hadir di 130 negara baru di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penambahan pasar baru yang dimiliki Netflix tersebut membuatnya sudah hadir melayani pelanggan di 190 negara seluruh dunia.

Pengumuman kehadiran di banyak negara baru tersebut diungkap langsung salah satu pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Netflix, Reed Hastings. Pengumuman disampaikan di tengah perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2016 yang masih berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat.

 

WHAT TO READ NEXT ?