CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 7 Januari 2016 18:00

Apa kata Menkominfo soal Netflix di Indonesia?

Rudiantara mengaku tidak mau terlalu cepat mengambil sikap soal masuknya Netflix.

Apa kata Menkominfo soal Netflix di Indonesia?

Techno.id - Layanan streaming Netflix siap masuki pasar entertainment Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku sudah memantau dan melakukan pertimbangan atas layanan yang disediakan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Namun, Rudiantara mengaku tidak mau terlalu cepat mengambil sikap soal masuknya Netflix. Ia mengaku ingin melakukan pertimbangan dahulu sebelum mengambil kebijakan yang bisa menghambat kemajuan teknologi.

“Teknologi itu selalu mendobrak kemapanan. Sekarang bagaimana kita deal dengan teknologi yang seperti Netflix ini kita harus lihat kemaslahatannya bagi masyarakat Indonesia lebih banyak atau gak,” kata Menteri yang akrab disapa Chief RA itu di kawasan Tebet, Jakarta.

Lebih lanjut, ia menyebutkan posisi pemerintah sebagai regulator harus lebih mengutamakan kebutuhan masyarakat. “Jangan sampai yang namanya aturan menghalangi kemajuan atau manfaat bagi masyarakat tapi juga jangan for the shake of masyarakat teknologi juga jadi dilarang,” tambahnya.

Penilaian secara menyeluruh yang akan dilakukan pemerintah disebutkan sebagai upaya untuk melindungi industri lain yang sudah ada. Ia mengaku tidak mau karena satu kebijakan yang dikeluarkan pemerintah berdampak buruk pada industri yang berjalan di tanah air.

"Ini misalkan suatu saat kita butuhkan, tidak bisa tidak kita harus terima, tapi bagaimana jangan semua industri yang ada sekarang mati semua. kita harus lihat benefitnya secara ekonomi maupun sosial bagaimana mengatur perubahan ini. intinya jangan dadakan,” jelas Chief RA.

Meski begitu, Rudiantara mengklaim tak mau terlalu tergesa memberi respon baik positif maupun negatif atas kedatangan Netflix ke Indonesia.

“Kita lihat dulu nanti. Manfaatnya seandainya banyak, kalau memang harus diubah regulasinya ya diubah. Tapi kita lihat dulu sikap masyarakat nantinya kaya gimana,” tandasnya.

WHAT TO READ NEXT ?