CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 7 Januari 2016 19:00

Bahas Netflix, Menkominfo siap sambangi Mendikbud dan KPI

Rudiantara berniat untuk melakukan pengawalan dari segi konten dan penyiaran.

Bahas Netflix, Menkominfo siap sambangi Mendikbud dan KPI

Techno.id - Indonesia masuk dalam daftar ekspansi layanan streaming Netflix ke 130 negara dunia. Bagaimana pemerintah melindungi masyarakat dari konten yang disediakan Netflix ketika benar-benar masuki Indonesia nanti?

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku pihaknya tengah melakukan pengkajian secara menyeluruh atas niat Netflix masuki pasar tanah air. Bahkan, pihaknya disebutkan telah mengantisipasi perkembangan teknologi yang sangat cepat khususnya di industri konten supaya masyarakat Indonesia tetap terjaga dan bisa bersaing.

Soal pengawalan konten yang akan dibawa Netflix, Rudiantara menyatakan bakalan berkoordinasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Selanjutnya, Menkominfo sedang mengagendakan pertemuan dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

"Kalau dengan Pak Anies dan lembaga sensor film soal konten dan layanan filmnya. Sedangkan untuk penyiaran kita akan berkoordinasi sama KPI, stakeholder-nya banyak sekali. Saya tahu mengenai masalah ini, tapi sekarang saya sedang tata, coba dirapikan yang namanya teknologi itu affordable, hanya teknologi yang bisa melakukan efisiensi dan mengubah kemapanan," jelasnya.

Sekedar informasi, Netflix akan secara resmi hadir di 130 negara baru di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penambahan pasar baru yang dimiliki Netflix tersebut membuatnya memiliki total pasar sebanyak 190 negara di seluruh dunia.

Pengumuman soal ekspansi dan kehadiran di banyak negara baru tersebut diungkap langsung salah satu pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Netflix, Reed Hastings. Pengumuman disampaikan di tengah perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2016 yang masih berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat.

WHAT TO READ NEXT ?