Lacak keberadaan anak Anda dengan sepatu ini

Lacak keberadaan anak Anda dengan sepatu ini

Techno.id - Maraknya isu penculikan anak di Indonesia membuat kekhawatiran tersendiri untuk para orang tua. Sekedar mengawasi anak saja mungkin tidak cukup untuk membuat anak-anak Anda tetap aman. Sebagai orang tua banyak hal yang perlu dilakukan seperti memberikan pengawasan yang ekstra untuk anak.

Nah, untuk membantu pengawasan anak, ada baiknya Anda memanfaatkan teknologi. Seperti yang dilansir oleh Cnet.com (05/03/15), sepatu pintar 361 yang didukung oleh teknologi Mediatek, perusahaan teknologi dari Taiwan ini, memiliki prosesor Mediatek dengan 4MB RAM dan chips GPS yang dapat melacak keberadaan anak Anda.

Pelacakan ini dapat Anda lakukan melalui smartphone serta memberikan informasi lainnya. Fitur dari sepatu pintar ini juga memberikan alarm saat anak bergerak keluar daerah yang telah Anda tetapkan. Chips yang disematkan dalam sepatu ini tidak akan memakan banyak tenaga, dilengkapi baterai dengan daya 520mAh yang memungkinkan untuk bertahan selama beberapa hari.

Sepatu ini didesain dengan warna-warna cerah yang menyenangkan. Sepatu edisi pertama ini memang dibuat khusus anak-anak dan dirilis pada gelaran acara MWC 2015 di Barcelona.

Teknologi sepatu ini dinilai berpotensi untuk digunakan sepatu jenis lain seperti sepatu orang dewasa yang berguna untuk melacak pengasuh anak Anda. Namun, ada ketakutan keamanan juga pada sepatu pintar ini. Karena data yang dikirimkan ke perangkat rentan untuk diretas dan dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk membuat sepatu ini MediaTek bekerja sama dengan 361, perusahaan sepatu asal Tiongkok. Sepatu pintar ini akan dipasarkan mulai bulan April 2015 di Tiongkok. Harga untuk sepasang sepatu ini dipatok Rp 1 jutaan.

Sepatu ini juga berpotensi menimbulkan masalah privasi. Tidak masalah jika digunakan anak kecil karena untuk memantau pergerakan untuk keamanan. Lalu, bagaimana jika orang dewasa yang mengenakannya?

(brl/red)