CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 23 Juni 2015 14:00

Korea Utara blokir Instagram gara-gara foto kebakaran

Korea Utara ingin menutupi kekurangan atas kebakaran hotel terkenalnya dengan memblokir Instagram.

Korea Utara blokir Instagram gara-gara foto kebakaran

Techno.id - Korea Utara nampaknya menjadi salah satu negara yang tak mau kekurangannya diketahui khalayak ramai. Beberapa waktu lalu, telah terjadi kebakaran di salah satu hotel terbesar dan paling terkenal di Korea Utara. Semua warga yang hendak mengabadikan foto tersebut seakan dihalang-halangi. Negara ini tak ingin hal buruk yang menimpa aset berharganya tercoreng. Namun, yang namanya pengguna media sosial tak akan mampu dihadang walau telah dilarang oleh petugas keamanan.

Kemudian, beberapa jam setelah peristiwa kebakaran itu, tersebar foto-foto kebakaran hotel di Instagram dan menjadi berita utama di seluruh dunia. Melihat hal tersebut, sepertinya negara Korea Utara geram dan langsung memutus koneksi internet mobile. Setelah itu, berlanjut pada pemblokiran Instagram. Menurut seorang wartawan Associated Press di Pyongyang, "Peringatan! Anda tidak dapat terhubung ke Instagram karena situs ini telah di-blacklist," seperti yang disadur dari MacWorld (22/6/15).

Foto-foto kebakaran hotel tersebut merupakan sebuah ancaman yang dapat merusak citra negara Korea Utara. Mereka tak mau jika nama negaranya yang telah menjulang tinggi diruntuhkan oleh sebuah foto-foto amatir dari warganya sendiri. Oleh karena itu, warga Korea Utara sementara ini belum bisa mengakses Instagram. Namun, untuk koneksi internet mobile sudah bisa diakses kembali.

Hal ini juga dijadikan pelajaran berharga oleh negara tetangga yakni Korea Selatan. Negara ini juga melakukan penyaringan internet seperti situs yang berhubungan dengan pornografi dan perjudian. Tak hanya itu, Korea Selatan juga melarang warganya mengakses semua situs web Korea Utara.

WHAT TO READ NEXT ?