Kabar baik dari Asosiasi E-commerce Indonesia

Kabar baik dari Asosiasi E-commerce Indonesia

Techno.id - Ranah e-commerce mengalamai perkembangan yang cukup signifikan di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari semakin banyaknya StartUp yang bermunculan dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Seperti yang telah diberitakan oleh Merdeka.com pada hari Jumat (22/01/16), Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Daniel Tumiwa, mengatakan tahun 2016 ini merupakan tahun yang istimewa bagi industri e-commerce. Hal itu lantaran belum lama ini pemerintah menyatakan bahwa akhir bulan Januari ini road map e-commerce bakal dijadikan sebagai program nasional pemerintah.

"Tahun 2016 ini benar-benar jadi tahun istimewa e-commerce. Ingat tahun lalu saat ketemu Pak Bambang kita belum tahu petanya industri e-commerce akan seperti apa. Masih merapihkan bisnis model dan lain sebagainya," ujarnya saat di sela-sela acara 5 Minutes for E-Commerce, Jakarta.

Harapan para pegiat e-commerce pun semakin menjadi manakala Rudiantara menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dan pihaknya bertemu dengannya. Alhasil, pasca bertemu dengan Menkominfo, akhirnya diputuskan membuat road map untuk e-commerce.

"Terus ketemu Pak Rudiantara dan kami terkesan. Dalam 2 minggu Pak Rudiantara bilang kita harus bikin peta jalan," lanjutnya kemudian. Meski demikian, Ia mengakui banyak energi yang terkuras untuk membuat road map e-commerce hingga waktu kurang lebih setahun tak terasa.

"Waktu setahun sangat singkat dan banyak pihak yang dilibatkan. Banyak yang bermunculan. Dari kami juga bagaimana asosiasi mengedukasi player e-commerce agar bisa mengerti apa saja yang bisa didorong lagi dari industri ini," ujarnya menjelaskan.

"Pembicaraan ini pun naik hingga didengar Pak Presiden yang kemudian mengapresiasi," pungkasnya.

(brl/red)