Sulit berhubungan badan membuat dinosaurus punah?

Sulit berhubungan badan membuat dinosaurus punah?

Techno.id - Berkembang biak adalah ciri sekaligus kebutuhan makhluk hidup. Jangankan manusia, makhluk hidup sekecil semut atau paramesium pun melakukannya. Lalu, bagaimana dengan hewan yang berukuran super besar dengan berat ribuan kilogram seperti dinosaurus?

Tentu saja dinosaurus juga menunaikan proses perkawinan. Sayangnya, beberapa spesies hewan purbakala itu mengalami kesulitan saat ingin melestarikan keturunannya. Bahkan, bagi seekor jantan Stegosaurus, berhubungan badan berpotensi besar untuk membuatnya terluka atau mungkin mati. Pasalnya, dinosaurus herbivora itu memiliki duri tajam yang berjejer di sepanjang punggungnya, baik jenis jantan maupun betinanya.

"Stegosaurus betina tidak bisa mengangkat ekornya, karena ada tulang berduri di ujung ekornya," ungkap oleh Brian Switek, seorang peneliti dinosaurus, pada SundayTimes.

Argumen Brian itu juga didukung oleh peneliti lainnya dari Museum of Natural History Berlin, Jerman, bernama Heinrich Mallison. Ia telah mengembangkan sebuah software yang bisa memvisualisasikan beragam variasi dinosaurus ketika sedang berhubungan badan. Menurut sistem komputerisasi tersebut, aktivitas seksual Kentrosaurus (kerabat dekat Stegosaurus) jantan terhalang oleh duri tajam di punggung betinanya.

Heinrich pun menduga dinosaurus yang punya mekanisme perlindungan diri yang bagus itu berhubungan badan dengan cara lain. "Mungkin, si betina berbaring menyamping dan sang jantan menindihkan badannya ke tubuh betina. Begitu juga dengan spesies lain yang bisa saja mempunyai posisi khusus ketika bermesraan, seperti saling membelakangi satu sama lain."

Apakah Anda setuju dengan pendapat para ahli di atas? Atau Anda punya argumen lain terkait penyebab punahnya dinosaurus?

(brl/red)