Jaket ini menghasilkan listrik ketika dipakai berlari

Jaket ini menghasilkan listrik ketika dipakai berlari

Techno.id - Banyak sekali pakaian canggih dengan teknologi yang menakjubkan. Beberapa di antaranya menggunakan teknologi termoelektrik (energi panas jadi listrik) atau piezoelektrik (energi kristal jadi listrik) untuk membuat pakaian dapat menghasilkan listrik. Perkembangan fashion yang semakin canggih, menjadikan para ilmuwan saling berlomba dalam menemukan pakaian yang lebih canggih lagi, seperti pakaian listrik dengan teknologi terbaru ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Universitas Sungkyunkwan di Korea dan Universitas of Wollongong di Australia telah menghasilkan sebuah temuan baru berupa bahan jaket untuk menghasilkan listrik. Teknologi yang dinamakan dengan wearable triboelectric nanogenerator (WTNG) disematkan dalam kain fleksibel yang dilapisi perak, lalu dipadukan dengan bahan silikon organik (polydimethylsiloxane) dan seng oksida nanorod, seperti yang disadur dari Gizmag.

Jaket dengan model hodie ini menghasilkan listrik dari efek triboelectric. Jadi efek tersebut akan membuat ketiga bahan kain tadi saling menggesek satu sama lain ketika jaketnya dipakai berlari. Dari gesekan antar bahan inilah yang akan menghasilkan listrik, seperti proses terjadinya listrik statis dari penggaris plastik yang digesekkan di rambut. Hebatnya lagi, kain tersebut dapat mengeluarkan tegangan yang stabil sebagai sumber daya suatu perangkat lebih dari 12.000 kali.

Ke depannya, teknologi energi listrik dari WTNG ini dapat digunakan untuk sumber daya LED, layar kristal cair, dan kunci mobil otomatis. Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa teknologi WTNG dapat pula dimanfaatkan dalam aplikasi perangkat biomedis dan permukaan kulit robot yang sensitif.

Jaket ini sudah canggih, stylish pula. Apakah Anda tertarik untuk memilikinya?

(brl/red)