Inilah media sosial yang didominasi oleh kaum hawa

Inilah media sosial yang didominasi oleh kaum hawa

Techno.id - Manusia ditakdirkan untuk hidup saling berdampingan dan berpasang-pasangan. Begitu pula dengan aktivitas sehari-hari seseorang yang tak akan pernah lepas dari gadget dan media sosial. Bicara tentang media sosial, ternyata tidak semua orang memiliki kebiasaan yang sama. Bahkan, kelihatannya perbedaan ini juga dipengaruhi oleh jenis kelamin.

Dari infografis yang dirilis TechInfoGraphics, menunjukkan bahwa penggunaan media sosial antara pria dan wanita lebih didominasi oleh wanita. Sejauh ini, penyebabnya masih belum diketahui mengapa wanita lebih memegang kendali untuk masalah berselancar di media sosial. Namun, aplikasi media sosial yang mereka pilih juga tidak sembarangan.

Inilah media sosial yang didominasi oleh kaum hawa

Dalam survei yang dilakukan di wilayah Amerika Serikat pada tahun 2013, wanita terlihat lebih mendominasi untuk beberapa media sosial, di antaranya Facebook, Tumblr, Pinterest, Instagram, dan Twitter. Lima media sosial ini seakan mempunyai magnet yang menjadikan wanita tak mampu terpisah dengan mereka.

Saat wanita dan pria dibandingkan untuk penggunaan pada lima media sosial tadi, wanita tetap menduduki peringkat tertinggi. Misalnya Facebook, untuk media sosial ini wanita lebih mendominasi ketimbang pria dengan persentase 76 persen dan pria hanya 66 persen. Urutan kedua adalah Tumblr, wanita terlihat asyik dengan Tumblr dengan nilai 54 persen sementara pria hanya 46 persen.

Sedangkan media sosial yang terlihat paling digemari wanita daripada pria adalah Pinterest. Survei tersebut memperlihatkan kaum hawa lebih tertarik dengan Pinterest dengan persentase 33 persen dan pria hanya 8 persen.

Dua media sosial terakhir juga digemari wanita dan pria, namun jumlahnya tak sebanyak tiga media sosial sebelumnya. Untuk Instagram, wanita terlihat hanya mempunyai nilai 20 persen dan sang pria 15 persen. Twitter juga demikian, tapi media sosial ini mendapat perhatian paling sedikit dari wanita maupun pria. Bila wanita jatuh hati dengan Twitter dengan persentase 18 persen maka pria tak berbeda jauh yakni 17 persen.

Dari survei yang juga diambil dari beberapa referensi ini dapat diambil kesimpulan bahwa wanita cenderung mendominasi penggunaan media sosial. Aplikasi media sosial yang paling digemari wanita maupun pria yaitu Facebook. Sedang media sosial yang didominasi oleh kaum hawa ketimbang kaum adam adalah Pinterest.

(brl/red)