CONNECT WITH US
Erick |
 3 Mei 2016 14:00

Ini penyebab Getty Image tuntut Google

Apa yang sebenarnya dipermasalahkan oleh Getty? Mengapa image agency ternama tersebut menuntut Google?

Ini penyebab Getty Image tuntut Google

Techno.id - Beberapa waktu lalu, Getty Image dikabarkan sedang mengajukan tuntutan pada Google. Ya, sudah bukan rahasia lagi bahwa Getty adalah image agency berbayar yang tersohor dan terbukti menghasilkan ribuan foto dengan kualitas terbaik. Lalu, apa yang menjadi masalah sehingga pihaknya menuntut Google?

Seperti yang telah diberitakan oleh DIY Photography pada hari Senin (02/05/16) lalu, Getty dikatakan keberatan dengan keleluasaan yang dilakukan oleh Google pada penggunanya si seluruh dunia dengan menampilkan berbagai macam ukuran foto yang bisa diunduh secara gratis. Bahkan, Anda juga bisa mengunduh foto dari Getty (yang tentu saja ber-watermark) dengan mudah melalui Google.

Permasalahan yang kemudian muncul adalah tak sekedar copyright saja. Dengan semakin mudahnya netizen mengunduh foto berkualitas high res lain secara gratis melalui Google, membuat traffic Getty menurun dengan signifikan. Hal inilah yang kemudian membuat Getty menuntut Google.

Menurutnya, jika traffic terus menurun, baik karena netizen lebih memilih untuk mengunduh foto lain (bukan dari Getty) ataupun mengunduh lalu membajaknya, tentu berdampak pada ribuan kontributor. Yoko Miyashita, General Counsel dari Getty Image kemudian menjelaskan tuntutan perusahaannya.

Menurutnya, dampak dari kemudahan yang diberikan Google pada netizen tersebut telah membuat setidaknya 200.000 kontributor Getty terlantar. Dengan kata lain, para kontributor tersebut mengandalkan Getty untuk mencari nafkah dan bergantung pada royalti foto stock setiap kali diunduh.

Tak sekedar melayangkan tuntutan pada raksasa Google, Getty pun membuat sebuah video yang diunggah melalui Vimeo untuk menjelaskan, apa maksud dari keberatannya, dan apa yang telah dilakukan oleh netizen dari kemudahan yang telah diberikan oleh Google.

 

WHAT TO READ NEXT ?